Oktober 14, 2011

Bibir Bisa Mendektesi Kesehatan Lho!!

Ternyata beberapa penyakit dapat dilihat dari Bibir lho, yukz kita simak apa saja yang menjadi ciri-cirinya

Bila Anda ingin mengetahui kondisi kesehatan tubuh, maka Anda dapat mengetahuinya dengan hanya melihat bibir. Kondisi tertentu pada bibir bisa menjadi indikator kesehatan.

Selain menjadi indikasi kemampuan orgasme pada wanita, studi menunjukkan bibir juga dapat mengirimkan sinyal tentang kesehatan Anda. Sebagai contoh, bibir atau tenggorokan kering bisa menunjukkan gejala dari diabetes hingga penyakit herpes atau Crohn.

Berikut beberapa kondisi bibir yang bisa mengindikasikan kesehatan tubuh, seperti dilansir Thesun, Selasa (16/8/2011):

1. Bibir pecah-pecah, bisa berarti diabetes
Bibir pecah-pecah sangat umum dan kebanyakan karena kasus ringan seperti anemia. Namun dalam kasus terisolasi itu bisa menjadi tanda diabetes terdiagnosis. Ketika kadar gula darah meningkat, ini merangsang pertumbuhan jamur yang dapat menyerang bibir.

2. Bibir bengkak, bisa berarti penyakit Crohn
Kebanyakan orang tahu bahwa penyakit Crohn mempengaruhi usus, tetapi gejalanya juga dapat muncul di mulut dan bibir. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan di bagian tubuh yang berbeda, termasuk bibir. Penyakit Crohn bahkan memiliki nama sendiri yakni oral Crohn karena sekitar sepuluh persen penderita Crohn juga terkena dampak di sekitar mulut.

3. Sensasi terbakar pada bibir, bisa berarti herpes
Sensasi terbakar pada bibir dapat menjadi salah satu tanda-tanda pertama dari wabah virus herpes, yang menyebabkan cold sores. Dalam waktu 24 jam, lecet yang menyakitkan mungkin mulai muncul di sekitar bibir dan setelah beberapa hari lecet dapat meletus mengeluarkan cairan menular.

Hindari menyentuh luka tersebut, mencium atau bahkan berbagi sabun, flanel atau lipstik.

4. Bibir mati rasa, bisa berarti alergi parah
Mati rasa atau kesemutan di bibir terutama jika terjadi cepat diikuti dengan pembengkakan, bisa menjadi tanda dari reaksi alergi yang parah terhadap makanan atau bahan kimia.

5. Bibir biru, bisa berarti kurang oksigen
Biru di sekitar mulut dan bibir bisa merupakan tanda kurangnya oksigen. Pada bayi ini bisa menjadi gejala Croup, kondisi pernapasan yang menyebabkan batuk dan serak. Pada orang dewasa, bibir biru sering merupakan gejala ketika jantung sedang berjuang memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, misalnya pada orang yang menderita gagal jantung kronis.

6. Ruam bibir, bisa berarti eksim
Ruam di sekitar tepi mulut sering karena kulit kering yang disebabkan oleh bibir yang keseringan dijilat atau mengisap ibu jari.





Sumber : www.detikhealth.com