Desember 03, 2011

Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren?


Jul 25, 2011 by Under Tips & Trik - 10 Comments  
Artikel ini kami buat berdasarkan pemintaan pengunjung yang bertanya bagiamana cara mengganti DNS SmartFren dengan Google DNS maupun Open DNS? Pada praktek kali ini, kami menggunakan modem CDMA Venus VT-18 EVDO yang tentunya menggunakan kartu SmartFren.
Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren? Image
Berikut ini step by step cara mengganti DNS SmartFren pada modem CDMA:
  • Koneksikan mdem dengan port USB pada komputer atau notebook anda.
  • Jalankan aplikasi default modem.
  • Masuk ke bagian Settings Profile (Yang berisi username dan password untuk operator).
    Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren? Image
  • Pilih koneksi SmartFren dan lanjutkan dengan menekan tombol Edit.
    Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren? Image
  • Pada bagian setting Profile, pilih Advanced.
  • Lanjutkan dengan ke bagian DNS dan isikan DNS sesuai dengan keinginan anda. Jika anda menggunakan Google DNS dan OpenDNS, masukkan alamat 208.67.222.222 pada DNS pertama dan 8.8.8.8 pada DNS ke dua.
    Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren? Image
  • Terakhir, klik tombol OK dan lakukan Dial pada koneksi internet anda.
Selesai sudah, dengan cara ini anda bisa mengganti DNS Smartfren menggunakan DNS apa saja yang anda inginkan. Jika ingin mengetahui apakah setting yang anda gunakan sudah berhasil, masuk ke command prompt dan ketikkan “ipconfig /all” pada jendela yang keluar. Anda akan melihat seperti di bawah ini.
Bagaimana Cara Mengganti DNS SmartFren? Image
Selain menggunakan kedua DNS di atas, anda juga menggunakan DNS lain seperti dari OpenDNS saja (208.67.222.222 dan 208.67.220.220) atau menggunakan Google DNS saja (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau menggunakan DNS yang lain.
Jika anda menggunakan modem lain dengan software yang berbeda, coba pergi ke bagian setting dan cari bagian yang mengatur profile. Penerapannya tidak jauh berbeda dengan software yang digunakan pada percobaan kali ini.
Kalau belum faham apa itu Google DNS dan OpenDNS, anda bisa mengunjugi halaman yang memang khusus membahas Google DNS dan OpenDNS untuk koneksi internet. Selamat mencoba dan ganti DNS SmartFren menggunakan DNS lain yang lebih cepat dan lebih stabil.