Oktober 25, 2012

Keamanan Komputer


Keamanan Komputer  . . .

setelah nanya sama mbah (google) dapet deh ini *triiingggg*kedipkedipmata*tibatibakelilipanmonster
lahh,simon (panggilan syng si monster*cuiihhh) ngapain pake nimbrung segala -.-
yaudaah deh yaaa lupain masalah monster,yuk langsung ke TKP...*sound ala opera van java
perhatiin yaa...ett ett ini perhatiin!!! *maksabanget

Keamanan Komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan keamanan informasi yang diterapkan pada komputer.sasaran keamanan antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi,atau pemeliharaan ketersediaan,seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.
menurut GARFINKEL dan SPAFFORD,ahli dalam computer security,komputer dikatakan aman jika bisa diandalkan dan perangkat lunaknya bekerja sesuai dengan yang diharapkan.Keamanan Komputer memiliki 5 tujuan,yaitu:

  1. Availability / ketersediaan : ketersediaan berhubungan dengan keberadaan informasi yang dibutuhkan oleh  end user "pengguna", maka ketika ketersediaan informasi yang dibutuhkan oleh user sudah tidak ada atau hilang,komputer bisa dikatakan sudah tidak aman.
  2. Confidentiality /  privacy : berhubungan dengan kerahasiaan data yang ada pada komputer,maksudnya adalah pembatasan akses user-user yang dapat membuka suatu berkas.penyerang pada umumnya melakukan serangan bertujuan untuk membuka suatu berkas-berkas confidential ini.
  3. Data Integrity / integrasi data : integrasi data ini bertujuan untuk menjaga ketepatan data dan menjamin tidak ada pihak-pihak yang mengubah atau menangkap paket data tanpa ijin.
  4. Control : bertujuan untuk me-manage resource-resource yang dimuliki.
  5. Audit : keamanan komputer juga memiliki tujuan audit yang bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan pemeriksaan.


keamanan komputer memberikan persyaratan terhadap komputer yang berbeda dari kebanyakan persyaratan sistem karena sering kali bebentuk pembatasan apa yang tidak boleh dilakukan komputer.ini membuat keamanan komputetr menjadi lebih menantang karena sudah cukup sulit untuk membuat program komputer melakukan segala apa yang sudah dirancang untuk dilakukan dengan benar.persyaratan negatif juga sukar untuk dipenuhi dan membutuhkan pengujian mendalam untuk verifikasinya,yang tidak praktis bagi kebanyakan program komputer.keamanan komputer memberikan strategi teknis untuk mengubah persyaratan negatif menjadi aturan positif yang dapat ditegakkan pendekatan yang umun dilakukan untuk meningkatkan keamanan komputer antara lain adalah membatasi akses fisik terhadap komputer,menerapkan mekanisme pada perangkat keras dan sistem operasi untuk keamanan komputer,serta membuat strategi pemrograman untuk menghasilkan program komputer yang dapat diandalkan.

okee itu dulu yaa..
yang menyangkut dengan KEAMANAN KOMPUTER lainnya bakal nyusul..
udah ngantukk beud  nii *hoaammm*nguap ..

sumber