Mei 08, 2012

Cerita Tentang Einstein

Penjelasan Mengenai "Teori Relativitas"


Pada suatu kesempatan saat di rumahnya, ilmuwan Albert Einstein dikelilingi sekelompok orang yang meminta padanya menjelaskan teori relativitasnya dengan kata yang paling sederhana.
Pada saat itu, diseluruh dunia hanya beberapa ilmuwan saja yang benar-benar memahami buku teori relativitasnya.
Einstein mengatakan kepada orang-orang itu, “Sebagai contoh saya katakan, Anda dengan orang yang paling engkau cintai duduk disebelah tungku api, satu jam telah berlalu, tetapi engkau merasa seperti baru 5 menit yang lalu! Sebaliknya, engkau sendirian dengan kesepian duduk disebelah tungku api yang panas, hanya 5 menit berlalu, tetapi engkau akan merasa engkau telah duduk disana selama 1 jam! Nah, ini adalah teori relativitas.”

Keranjang Sampah Besar

Ketika Einstein datang ke kantor Princeton University, ada seseorang yang bertanya kepadanya, peralatan apa yang diperlukannya?
Einstein menjawab, “Kelihatannya, saya perlu sebuah meja, kursi, peralatan tulis sertas kertas, oh ya masih ada satu lagi yaitu keranjang sampah yang besar.”
“Mengapa harus yang besar?” Tanya orang itu.
“Supaya saya dapat melempar masuk semua kesalahan yang telah saya lakukan,” jawab Einstein.

Kesadaran

Edward putra ke 2 Einstein bertanya kepadanya, “Papa, kenapa engkau bisa menjadi tokoh terkenal?”
Setelah mendengar perkataan puteranya terlebih dahulu dia tertawa dengan keras lalu menjawab, “Engkau lihat! Ulat ini merangkak diatas bola, tetapi dia tidak sadar jalan yang dilaluinya adalah jalan bengkok, sedangkan saya sadar!”

Teori Keberhasilan dan Kebangsaan

Pada 1930-an, Einstein pada pidatonya di universitas Paris pernah mengatakan, “Jika teori relativitas saya terbukti benar, Jerman akan mendeklarasikan saya sebagai seorang warga Jerman, Prancis akan mengatakan bahwa saya warga dunia, tetapi jika teori saya terbukti salah, maka Prancis akan menekankan bahwa saya seorang Jerman dan Jerman akan mengatakan bahwa saya seorang Yahudi."

Mengapa Harus Begitu Banyak Orang?

Pada 1930, Jerman menerbitkan sebuah buku kritis mengenai teori relativitas, judul buku ini disebut "seratus profesor maju untuk membuktikan bahwa teori Einstein salah."
Einstein, setelah mendengar berita itu, hanya mengangkat bahu dan berkata: "100? Mengapa begitu banyak orang yang membuktikan bahwa aku benar-benar salah? Bahkan jika benar-benar salah, seorang saja sudah cukup.” (hui/rhb)