Januari 31, 2012

Auto Reconnect Pada Koneksi Dial-up



Auto Reconnect Pada Koneksi Dial up ImageBagi pengguna koneksi internet dial-up, mungkin anda sering mengalami koneksi internet yang anda pakai tiba-tiba putus. Hal ini disebabkan banyak hal diantaranya karena Internet Service Provider (ISP) anda bermasalah, kualitas  modem yang tidak bagus, system komputer anda bermasalah dan banyak lagi. Kondisi tersebut pastinya akan membuat anda kesal karena anda harus melakukan dial ulang ke operator ISP tiap koneksi internet yang anda pakai putus.
Jika anda pengguna modem eksternal GSM/CDMA/3G, masalah tersebut sudah bisa diatasi karena kebanyakan software bawaan dari modem menyediakan fasilitas auto-reconnect ke ISP yang anda pakai. Fitur ini secara otomatis akan melakukan dial otomatis ke ISP tanpa menunggu perintah dari anda secara manual.
Lalu bagiamana jika software bawaan yang disediakan tidak menyediakan auto reconnect di modem tersebut? Hal itu bukan menjadi masalah karena anda bisa mengkonfigurasi sendiri fasilitas auto reconnect pada modem anda.
Berikut kami jelaskan bagaimana cara konfigurasi auto reconnect pada modem, baik itu GSM, CDMA, 3G atau eksternal modem yang terhubung dengan kabel telephone :
  • Buka Control Panel.
  • Pilih koneksi internet dial-up yang anda pakai. Sebagai contoh, kami menggunakan ISP dari telkom flexi.
    Auto Reconnect Pada Koneksi Dial up Image
  • Klik kana dan pilih Properties.
  • Klit bab Options.
    Auto Reconnect Pada Koneksi Dial up Image
  • Pada bagian Redialing options, beri tanda pada Redial if line is dropped. Masukkan juga angka Redial attempts dengan angka 999 (Pilihan ini akan memerintahkan system untuk melakukan dial secara berulang-ulang sampai 999 kali jika koneksi putus). Pada bagian Time between redial redial attemps, pilih 10 seconds. Jika koneksi drop, system akan menunggu selama 10 detik sebelum melakukan dial ulang. Waktu ini akan digunakan oleh modem untuk me-refresh modem agar bisa digunakan kembali. Pada kondisi normal, 10 detik sudah cukup bagi modem untuk siap digunakan kembali.
  • Kembali ke Tab General, dan klik tombol Configure.
  • Pada bagian Hardware features, hilangkan semua tanda pada pilihan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar modem secara langsung terkoneksi dengan provider internet tanpa perlu lagi dicontrol oleh system windows. Pilihan ini akan memperpendek jalur autentikasi dial ke provider yang juga akan mempercepat proses koneksi internet.
    Auto Reconnect Pada Koneksi Dial up Image
  • Klik tombol OK untuk mengakhiri koneksi.
Sekarang coba anda dial manual ke provider internet yang anda pakai. Jika pada saat surfing web koneksi anda tiba-tiba putus, system akan melakukan dial ulang secara otomatis tanpa harus melakukan dial manual seperti saat pertama kali terhubung ke internet.
Optimalkan juga penonaktifan QOS Packet Scheduler untuk mempercepat koneksi dial-up yang anda gunakan!
Jika anda punya pengalaman seputar koneksi internet dial-up, share pengalaman anda dengan kami dengan cara meninggalkan komentar di bawah ini.