Januari 05, 2012

Ini Spesifikasi Mobil Jokowi Buatan Siswa SMK Solo

 
Inilah mobil dinas baru Walikota Solo Joko Widodo yang dirakit siswa dari tiga SMK di Solo.

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Ade Rizal
TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Wali Kota Solo, Joko Widodo berubah pikiran untuk mengganti mobil dinasnya dengan mobil baru buatan siswa SMK Negeri 2, SMK Negeri 5, dan SMK Warga, Solo.
Untuk mengganti Toyota Camry tahun 2002 yang selama ini setia menemaninya, pilihan Jokowi, panggilan akrabnya, jatuh pada mobil Kiat Esemka.
"Karena mobil ini bikinan anak SMK di Solo. Dari segi desain, kualitas, maupun mesinnya mobil ini menang semuanya. Mau mobil Amerika, Jepang, tetep apik iki," ujarnya usai serah terima mobil Kiat Esemka di Balai Kota Solo, Senin (2/1/2012).
Berdasarkan spesifikasinya, mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) berbahan bakar bensin tersebut memiliki panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, tinggi 1,84 meter dan mampu memuat tujuh penumpang.
Mesin mobil tersebut menggunakan mesin berseri SK EV 1.5 injection, memiliki kapasitas 1500cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 PK.
Mobil baru Jokowi tersebut memiliki 5 transmisi kecepatan dan satu gigi mundur dan mampu digeber dengan kecepatan maksimal hingga 180 km/jam.
Sebagai awalan, mobil tersebut akan digunakan sebagai mobil dinas wali kota dan wakil wali kota terlebih dahulu.
Namun, dirinya tidak menutup kemungkinan mobil lokal tersebut akan diproduksi secara massal.
"Kalau izin sudah komplit, bisa jadi industri. Komponennya dibuat industri rumahan, dirakitnya di pabrik oleh anak-anak SMK," lanjutnya.